PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
“METODE PEMBELAJARAN”
Disusun
oleh:
Indra Jayus Putra 1652100112
Dosen Pembimbing:
Syarnubi, M.Pd.I
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH
DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM
NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG
2018
Lampiran RPP 1 Metode Ceramah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 4 Tanjung Lago
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Materi Pelajaran : Prilaku
Terpuji
Alokasi Waktu : 2x40
menit
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotongroyong , kerjasama, cinta damai, responsip dan pro aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa.
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konsepteptual, procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena kejadian memecahan serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah ,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan
mampumenggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1.3 Menjelaskan
pengertian tawaduk, taat, dan sabar
1.4 Menunjukkan
sikap/prilaku tawaduk, taat, dan sabar
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Menjelaskan dan
memahami sikap tawaduk, taat, dan sabar
2. Mampu
menerapkan sifat tawaduk, taat, dan sabar
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat
menjelaskan kembali pengertian tawaduk, taat, dan sabar
2. Siswa dapat
menerapkan sifata dan perilaku tawaduk, taat, dan sabar
3. Setelah
menuliskan kisah dari tokoh-tokoh teladan para sahabat Nabi Muhammad saw yang
mencerminkan perilaku tawaduk, taat, dan sabar, siswa dapat menceritakan
kembali isi kisah yang didengarkan
E. Materi Pokok Pembelajaran
1. Tawaduk
Tawadhu’
artinya rendah hati, sederhana dalam ucapan, berpakaian, dan perbuatan
sehari-Hari. Orang yang berpribadi tawadhu’ ciri-cirinya sederhana dalam
ucapan, perbuatan dan pakaian. Dia suka menghagai dan menghormati orang lain
tidak sombong atau angkuh. Al Qur an surat Al Isra’ 31 mengajarkan yang artinya: “Dan janganlah kamu berjalan di
muka bumi Ini dengan sombong, Karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat
menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung”.
2.
Taat
Taat
ialah patuh, senantiasa menurut kepada ajaran yang diyakini kebenarannya. Taat
berarti sholeh. Ummat Islam wajib taat kepada Allah Sebagai wujud rasa syukur
kepada Allah SWTSebagai mana tercantum dalam Q S Annisa’ 59 yang arrtinya:”
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (nya), dan ulil
amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu,
Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu
benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih
utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
3.
Sabar
Sabar
artinya tabah, tahan uji tidak mudah putus asa. Sifat sabar akan mengantarkan
pada keberhasilan seseorang. Sebagaimana diterangkan dalam QS. Al Baqarah 153
yang artinya:”Hai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada
Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh Allah bersama orang-orang yang sabar”.
F. Metode
Pembelajaran
Metode: Ceramah,
tanya jawab dan penugasan
G. Media, Alat Dan Sumber Belajar
1. Alat :
Alat peraga dan gambar
2. Sumber belajar : Buku Pendidikan Agama Islam kelas VII kurikulum
2013
H.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Guru
memberikan salam dan mengajak siswa berdo’a
·
Guru
memeriksan kehadiran siswa
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10 Menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
diminta untuk mengamati gambar yang sudah ditempel
·
Siswa
difasilitasi untuk membaca sumber dari buku siswa
·
Guru
menilai ketrampilan siswa mengamati
Menanya
·
Siswa
diberi kesempatan untuk menanyakan penjelasan tambahan terhadap informasi
yang didapat dari proses mengamati
Mengeksplorasi
·
Guru
memberikan pengetahuan tentang tawadhuk, taat dan sabar
·
Guru
memberikan contoh kepada siswa tentang tawadhuk, taat dan sabar
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang topik tawadhuk, taat dan sabar
·
Guru
menilai keaktifan siswa
Mengasosiasi
·
Siswa
diminta untuk membaca buku paketnya terlebih dahulu sebelum diberikan
pertanyaan kepada siswa
Mengkomunikasi
·
Siswa
menjawab pertanyaan yang telah diberikan oleh guru
·
Guru
memberikan penilaian atas kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
60 Menit
|
Penutup
·
Bersama
siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Guru memberikan penguatan materi ajar
·
Guru memberikan tugas untuk mencari bahan
bacaan sesuai materi ajar
·
Guru
mengajak peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
·
Guru
mengucap salam sebelum keluar kelas
|
10 Menit
|
I.
Penilaian
PEDOMAN
OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai
sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur
atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi salam sebelum
dan sesudah presentasi
|
||||
4
|
Menyatakan kekaguman
atas kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan kebesaran
Tuhan saat belajar
|
||||
Jumlah Skor
|
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas :…………………………
Materi Pokok :…………………………
Tanggal :…………………………
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom
dengan teliti
•
berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan
keadaan kalian sehari-hari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek
pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya
orang lain dengan menyebutkan sumbernya
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada
yang berwenang jika menemukan barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui
kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat
jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan yang diberikan
•
SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan yang diberikan
•
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
•
TP =
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
Lembar Penilaian Antarpeserta didik
Sikap Disiplin (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai
sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila
tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai seragam sesuai
tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
6
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
X 4 = 3.33
|
14
24
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor < 4.00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor < 3.33
Cukup : apabila memperoleh skor : 1.33
< skor < 2.33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor < 1.33
LEMBAR
PENILAIAN KOGNITIF
a.
Jawablah
Pertanyaan berikut dengan benar
1) Jelaskan
apa?
2) Sebutkan
!
3) Sebutkan
!
4) Jelaskan !
5) Sebutkan!
b.
Portofolio dan Penilaian Sikap
1.
Carilah beberapa ayat dan
hadits yang berkaitan dengan Tawadhuk,
sabar dan taat.
2.
Carilah kisah-kisah orang yang tawadhu, taat dan sabar yang kemudian mendapat
kebaikan dari Allah swt. Tugas ditulis di kertas polio, dan berikan komentarmu
di bagian akhir.
LEMBAR
PENILAIAN PRAKTIK (KETERAMPILAN)
Kelas:
............................
Nama:
............................
Topik:
............................
No
|
Materi Yang Harus Dikuasai
|
Aspek Penilaian
|
Catatan
|
|||
Lancar
|
Fasih
|
Intonasi
|
Ekpresi
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
Jumlah Nilai
|
Pedoman penskoran :
•
5 =
sangat baik
•
4 =
baik
•
3 =
cukup
•
2 =
kurang
Palembang, September 2018
Kepala Sekolah
NIP......................................
|
Guru Mata Pelajaran
Indra Jayus Putra
NIM. 1652100112
|
Lampiran RPP 2 Metode Demonstrasi
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs N 1 Jakabaring
Mata
Pelajaran : Fiqh
Kelas/Semester :
VIII/I
Materi
pokok : Shalat Fardu
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
A. Kompetensi Inti
KI.1
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI.2
|
Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI.3
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata).
|
KI.4
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori).
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompotensi
Dasar
|
Indikator
|
1.2. Menghayati ketentuan salat lima
waktu.
|
1.2.1 Meyakini
penting nya shalat lima waktu bagi kehidupan.
1.2.2 Menyenangi shalat lima waktu sejak dini
|
2.2. Memahami waktu-waktu salat
lima waktu.
|
2.2.1 Menjelaskan pengertian shalat.
2.2.2 Menjelaskan hal hal yang membatalkan shalat.
2.2.3 Menjelaskan rukun shalat.
|
3.2.
Mempraktikkan shalat lima waktu.
|
3.2.1
Memeperagakan shalat lima waktu.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Peserta didik mulai terbiasa mengerjakan shalat lima waktu
2. Menjelaskan pengertian shalat
3. Mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan shalat
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
shalat lima waktu
2.
Syarat
shalat
3.
Sunnah
shalat
4.
Yang
membatalkan shalat
5.
Rukun
shalat
6.
Bacaan-bacaan
shalat lima waktu
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Pendekatan saintifik
2.
Metode
ceramah, tanya jawab dan demonstrasi
F.
Media Pembelajaran
1.
White
Board
2.
Gambar
atau Poste
G.
Sumber Belajar
1.
Buku
Siswa Penerapan Fiqih SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013
2.
Buku
Guru Penerapan Fiqih SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
·
Guru
memberikan salam dan mengajak siswa berdo’a
·
Guru
memeriksan kehadiran siswa
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
10 Menit
|
Kegiatan inti
Mengamati
·
Siswa
difalisitasi untuk melihat gambar atau poster yang sudah ditempelkan di papan
tulis
·
Guru
menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya
·
Siswa
mencari penjelasan tambahan sendiri berdasarkan informasi hasil-hasil
kegiatan mengamati
·
Siswa
melakukan tanya jawab sesuai topik dengan guru
Mengeksplorasi
·
Guru
menjelaskan pengertian sholat, syarat sah, yang membatalkan, sunnah dan rukun
sholat.
·
Guru
menjelaskan proses atau tata cara sholat sesuai rukun dan sunnah sholat
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
·
Guru
meminta salah satu siswa untuk maju kedepan mempraktikkan tata cara sholat
dihadapan temannya
·
Guru
menilai keaktifan peserta didik dalam melakukan praktek sholat
Mengasosiasi
·
Siswa
diminta untuk berdiskusi dengan teman sebangku tentang tata cara sholat.
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik dan kerjasama dalam mengolah informasi
Mengkomunikasikan
·
Siswa
secara bergilir maju kedepan untuk mempraktekkan tata cara sholat
·
Guru
menilai kemampuan dan keberanian peserta didik dalam memperagakan dan
mengkomunikasikan secara lisan
|
60 Menit
|
Penutup
·
Bersama
siswa menyimpulkan hasil diskusi
·
Guru
meminta peserta didik untuk memahami materi sholat
·
Guru
mengajak peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
·
Guru
mengucap salam sebelum keluar kelas
|
10 Menit
|
I.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
§ Kompetensi Sikap: Observasi
§ Kompetensi Pengetahuan: Tes Lisan
§ Kompetensi Keterampilan: Unjuk Kerja
2.
Bentuk Instrumen :
a.
Kompetensi Sikap:
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Nama
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
|||||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||||
Dst
|
Keterangan:
·
BT (belum
tampak = skor 1.
·
MT (mulai
tampak) = skor 2.
·
MB (mulai
berkembang) = skor 3.
·
MK( membudaya)
= skor 4.
b.
Kompetensi Pengetahuan:
Soal Tes Lisan :
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Bacakan dalil Al-Qur’an tentang ketentuan
waktu salat lima waktu !
2. Bacakan do’a iftitah dan Tasyahud
akhir !
Lembar Penilaian Hafalan Dalil
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
||
Hafalan (40)
|
Kelancaran (30)
|
Tartil (30)
|
|||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
Dst
|
3.
Kompetensi Keterampilan:
Penilaian Portofolio
Contoh format penilaian unjuk portofolio membuat jadwal salat lima
waktu
No
|
Salat
|
Waktu Salat
|
Waktu Dilarang Salat
|
Skor
|
||
Keadaan
|
Jam
|
Keadaan
|
Jam
|
|||
1
|
Subuh
|
|||||
2
|
Dzuhur
|
|||||
3
|
Ashar
|
|||||
4
|
Maghrib
|
|||||
5
|
Isya
|
Rubrik Penilaian :
Jika peserta
didik bisa menunjukan keadaan dan jam waktu salat dan waktu dilarang salat
degan benar dan sempurna
|
Skor 4
|
Jika peserta didik bisa menunjukan keadaan dan jam waktu salat
dan waktu dilarang salat degan benar dan tidak sempurna
|
Skor 3
|
Jika peserta didik bisa menunjukan keadaan dan jam waktu salat
degan benar dan kurang sempurna, dan keadaan dan jam waktu dilarang salat
tidak benar dan sempurna
|
Skor 2
|
Jika peserta didik bisa menunjukan keadaan dan jam waktu salat
degan tidak benar dan kurang sempurna, dan keadaan dan jam waktu dilarang
salat tidak benar dan kurang sempurna
|
Skor 1
|
Pedoman penskoran:
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah
skor maksimal
Mengetahui,
Palembang,
Desember 2018
Kepala Madrasah Guru
Mata Pelajaran
Indra Jayus Putra
NIP. NIM: 1652100112
Lampiran RPP 3 Bermain Peran
Rancangan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Madrasah/Sekolah : SDN 92 Palembang
Kelas/Semester :
IV/I
Mata Pelajaran :
PAI
Topik :
Santun dan Menghargai Teman
Waktu :
2 x 25 Menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, teknologi, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan,
menguraikan, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi
Dasar
1.3 Mencontohkan sikap santun dan menghargai
teman, baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar.
C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian sikap santun dan
menghargai teman
2. Menyebutkan contoh sikap santun dan menghargai
teman di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
3. Melakukan simulasi tentang sikap santun dan
menghargai teman di lingkungan sekitar
4. Mencerminkan sikap santun dan menghargai teman
dalam kegiatan sehari-hari
5. Mendeskripsikan manfaat bersikap santun dan
menghargai teman dalam kehidupan sehari-hari
D. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1. Bersikap dan berperilaku jujur, amanah,
hormat, patuh, santun kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari
2. Bersikap santun dan menghargai teman-teman
dala kehidupan sehari-hari
E. Sumber Belajar
Buku Paket, Handout dan buku yang lain.
F. Materi Ajar
1. Pengertian Sopan Santun
Norma sopan
santun adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok itu.
Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma
kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau waktu.
Norma sopan
santun sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat, karena
norma ini sangat erat kaitannya terhadap masyarakat. Sekali saja ada
pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanksi dari
masyarakat, semisal cemoohan. kesopanan merupakan tuntutan dalam hidup bersama.
Ada norma yang harus dipenuhi supaya diterima secara sosial.
Sedangkan
perilaku tidak sopan atau tidak tahu sopan santun istilahnya disebut kurang
ajar.
Sanksi bagi
pelanggar norma kesopanan adalah tidak tegas, tetapi dapat diberikan oleh
masyarakat, yang berupa cemoohan, celaan, hinaan, atau dikucilkan dan
diasingkan dari pergaulan serta di permalukan.
2.
Contoh-contoh
norma sopan santun ialah:
a.
Menghormati
orang yang lebih tua.
b.
Menerima
sesuatu selalu dengan tangan kanan.
c.
Tidak
berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
Contoh aturan sopan santun di Rumah
a.
Tidak
berbicara keras atau kasar kepada orang tua atau orang yang usianya lebih tua,
seperti kakak, nenek, kakek dan lain-lain.
b.
Tidak
memerintah orang tua untuk melakukan sesuatu yang diinginkan.
c.
Tidak
membantah perintah orang tua.
d.
Mendengarkan
saat orang tua sedang berbicara.
e.
Sebelum
berpergian kita meminta izin terlebih dahulu kepada orang tua dan mencium
tangan mereka.
Contoh aturan sopan santun di Sekolah
a.
Menghormati
ibu bapak guru dan karyawan sekolah.
b.
Tidak
mencela atau mengejek sesama teman.
c.
Berbicara
dengan ramah kepada sesama teman, guru, ataupun warga sekolah
d.
Tidak
mengobrol saat guru sedang menerangkan materi.
Contoh aturan sopan santun di Masyarakat
a.
Menghargai
dan menghormati setiap orang, terutama orang yang usianya lebih tua.
b.
Menghargai
pendapat orang lain
c.
Tidak
melakukan sesuatu yang melanggar norma-norma, seperti menyakiti ataupun
menghina orang lain.
d.
Menutup
mulut ketika sedang menguap di tempat umum.
e.
Tidak
memotong pembicaraan orang lain secara tiba-tiba.
f.
Bila
bertemu dengan orang yang dikenal, maka sebaiknya kita menyapanya.
g.
Tidak
meludah di sembarang tempat.
3.
Manfaat
bersikap sopan santun
Bagi diri
sendiri:
a.
Dimata
orang lain Anda akan dipandang sebagai orang yang mempunyai perilaku baik dan
sopan
b.
Dengan
bersikap sopan santun, Anda dapat terhindar dari bahaya (gangguan orang lain).
Sebab Anda seakan tidak menantang ataupun menghina orang lain
c.
Anda
akan disukai dan dihargai oleh semua orang
Bagi orang lain:
a.
Dapat
menjadi contoh pembelajaran yang baik
b.
Orang
lain akan merasa nyaman dekat dengan Anda.
G.
Media Pembelajaran
1.
Media :
Gambar
2.
Alat dan Bahan : Infokus, Papan Tulis
H.
Pendekatan/Strategi/Metode
Pendekatan : Saintifik
Metode : Bermain Peran, Diskusi, Tanya
Jawab
I.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahulan
·
Guru
memberikan salam dan mengajak siswa berdo’a
·
Guru
memeriksan kehadiran siswa
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
·
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
5 Menit
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Siswa
melihat tayangan video tentang bersikap santun dan menghargai teman
·
Guru
menilai keterampilan siswa mengamati
Menanya
·
Siswa
di beri kesempatan untuk bertanya kepada guru setelah melihat tayangan video
tersebut
Mengeksplorasi
·
Guru
membagi beberapa kelompok dan membagikan topik serta naskah drama kepada
siswa
·
Siswa
mendiskusikan bersama tentang pembagian peran dan alur ceritanya
masing-masing
·
Guru
mempersilahkan kepada setiap kelompok untuk menampilkan dramanya dengan
durasi 5 menit
·
Siswa
dipersilahkan untuk bertanya kepada kelompok yang lain.
·
Guru
menilai keaktifan dan kerjasama kelompok peserta didik dalam melakukan drama
Mengasosiasi
·
Siswa
mendiskusikan pertanyaan yang telah diajukan oleh guru
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik mengolah informasi dalam berdiskusi
Mengkomunikasikan
·
Perwakilan
kelompok menyampaikan hasil diskusi melalui presentasi
·
Guru
memberikan penilaian atas hasil kerja kelompok dan kemampuan peserta didik
berkomunikasi lisan
|
40 Menit
|
Penutup
·
Bersama
siswa menyimpulkan hasil diskusi
·
Guru
meminta peserta didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada di buku paket
dengan individu
·
Guru
mengajak peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa
·
Guru
mengucap salam sebelum keluar kelas
|
5 Menit
|
J.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
Penilaian terhadap
proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat
pencapaian kompetensi siswa. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Tugas
·
Mengisi soal tentang santun dan menghargai teman
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dan bermain peran
dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-
Santund an menghargai teman
No
|
NamaSiswa
|
Aspek yang diamati
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
Aspek yang dinilai
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Aktifitasberpendapat
4. Keberanianberpendapat
5. Kemampuanberbahasa
Skorpenilaian
:
Skor perolehan
Nilai = x 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 –
100 : Baik
Sekali
B = 70 –
79 : Baik
C = 60 –
69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Portofolio
·
Membuat paparan tentang sikap santun dan menghargai
teman
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan
mengamati gambar pada kolom “ayo berlatih”.
Rubrik Penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaanmateri
|
||||
2
|
Penguasaannilai-nilai
|
||||
3
|
Keaktifan
|
||||
4
|
Kesantunan
|
Catatan :
*4 =
SangatBaik 3 =
Baik
2
= Sedang 1 =
Kurangbaik
RentangSkor = Skor Maksimal – Skor Minimal
=
16 - 4
=
12/4
=
3
MK = 14
- 16
MB = 11
- 13
MT =
7 - 10
BT =
4 - 6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum
memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik
sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator
dan mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal dan penskorannya sesuai dengan
kebutuhan peserta didik.
Mengetahui,
Wadir Bid Kurikulum
.....
...............................................
NIP.
......................................
|
Palembang, Desember 2018
Guru Mata Pelajaran PAI
Indra Jayus Putra
NIP. ........................................
|
No comments:
Post a Comment